ADAPTASI BUDAYA DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN PADA KONSEP EKOLOGI DALAM AL-QIRÂ’AH AL-RASYÎDAH

Mauidlotun Nisa, Naufal Hanif Raziqy, Darsita Suparno, Muhammad Shodiq

Abstract


Abstract

This study aims to reveal the ecology in the book of Al-Qiraah Al-Rashidah contained in the topic of flaura and fauna. The relationship between flora and fauna seems to be discussed in order to introduce ecology and the relationship between humans and nature and vice versa. Kitab Al-Qiraah al-Rasyidah is an Arabic learning module in some Islamic boarding schools in Indonesia so that this becomes important in order to strengthen ecological education to the younger generation. This research is a descriptive qualitative research with an ecological approach. Kitab Al-Qirâ'ah Al-Rashîdah juz 1 and 2 by Abdul Fattah is the primary source. This article finds that adaptation can be used in literary works considering that many terms contain cultural elements such as the word Al-Khasyab which is translated as ‘anjang-anjang bamboo’ which is adapted into Indonesian in the form of bamboo sticks stuck into the ground as a support for the vine. Adjusting the dialogue to the local cultural context can also instill moral values and enrich children's understanding of the role of fauna and fauna in the natural ecosystem. The design of website-based educational media can provide an understanding of texts that contain ecological knowledge according to technological developments.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemaknaan adaptasi budaya dalam tema flora dan fauna dalam kitab Al-Qiraah Al-Rasyidah yang menjadi salah satu bahan ajar di Pesantren Indonesia. Materi flora dan fauna potensial menjadi matari Pendidikan ekologi bagi pelajar untuk mempelajari kembali  hubungan manusia dengan alam dan sebaliknya. Riset ini juga bertujuan untuk mengembangan Pendidikan ekologi dalam Al-Qiraah al-Rasyidah melalui Website sehingga semakin banyak pelajar non Pesantren dapat mengakses dan memanfaatkannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan ekologi. Kitab Al-Qirâ’ah Al-Rasyîdah juz 1 dan 2 karya Abdul Fattah adalah sumber primer. Artikel ini menemukan bahwa adaptasi bisa digunakan dalam kitab Al-Qiraah Al-Rasyidah yang dialogis dan dramatis. Ada beberapa istilah yang memuat unsur budaya seperti kata Al-Khasyab yang dimaknai dengan ‘anjang-anjang bambu’ yang diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia berupa batang bambu yang ditancapkan ke tanah sebagai penopang pohon anggur. Penyesuaian dialog dengan konteks budaya lokal juga dapat menanamkan nilai moral dan memperkaya pemahaman anak-anak tentang peran fauna fauna dalam ekosistem alam. Pendidikan ekologi yang diajarkan dalam Al-Qiraah Al-Rasyidah di antaranya pendidikan pelestarian alam baik tumbuhan dan hewan; merawat tanaman, proses pertumbuhan pohon; penopangan tanaman dengan anjang-anjang; sistem irigasi tradisional; keselamatan bertani; melestarikan gajah dan menjaga gajah dari kepunahan; simbiosis mutualisme alam, proses produksi madu oleh lebah,; dan Pendidikan menjaga ekosistem bunga. Perancangan media pendidikan berbasis website dapat memberikan akses luas terhadap para pelajar di luar pesantren karena Al-Qiraah al-Rasyidah merupakan modul belajar Bahasa Arab para pelajar di beberapa pesantren di Indonesia.

 

 


Keywords


adaptation; local culture; ecology; al-qirâ'ah al-rashîdah; technology; adaptasi; budaya lokal; ekologi; al-qirâ’ah al-rasyîdah; teknologi

Full Text:

PDF

References


A Abbas, H. (2010). Kamus bahasa Arab untuk pemula. Pustaka Imam Adz Dzahabi.

Al-Youm, A.-M. (2020, 23 Agustus). Delirium mungkin yang terakhir: Sebuah buku baru oleh “Abdel-Fattah Sabry” [Berita]. من حقلك تعرف. Retrieved from https://www.almasryalyoum.com/news/details/2017228

Anis, M. Y., Arifuddin, & Farhah, E. (2015). Pengembangan tema dalam buku al‐qira’ah al‐rasyidah untuk pelatihan menulis kreatif bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 145–153. https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2090

Baker, M., & Baker, M. (1992). In Other Words: A Coursebook on Translation (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203133590

Depdikbud. (2000). Kamus besar bahasa Indonesia (Edisi 5). Depdikbud.

Fadhilah, A. F. (2017, 30 Januari). Analisis semiotika dalam buku al‐qirâ’ah al‐rasyîdah dengan pendekatan filsafat pendidikan [Tesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta].

Hidayatullah, M. S. (2017). Jembatan kata: Seluk beluk penerjemahan Arab-Indonesia [E-book]. Grasindo. https://books.google.co.id/books/about/JEMBATAN_KATA_Seluk_Beluk_Penerjemahan_A.html?id=sMRGDwAAQBAJ&redir_esc=y

Hoed, B. H. (2006). Penerjemahan dan kebudayaan. Pustaka Jaya. https://books.google.co.id/books/about/Penerjemahan_dan_kebudayaan.html?hl=id&id=f1ViAAAAMAAJ&redir_esc=y

Kamus Almaany Arab-Indonesia Daring (Version 5.0.2). (n.d.). Retrieved January 25, 2025, from https://www.almaany.com/id/dictionary-arabic-indonesian/

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI V). (n.d.). Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kasmawati, S. T., & Muh. Zainal. (2021). Optimalisasi google site sebagai media pembelajaran berbasis website pada pembelajaran jarak jauh [Conference paper]. Prosiding Nasional Pendidikan LPPM IKIP Bojonegoro, 2(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6508178

Molina, L. & Hurtado Albir, A. (2002). Translation Techniques Revisited: A Dynamic and Functionalist Approach. Meta, 47(4), 498–512. https://doi.org/10.7202/008033ar

Munawwir, A. W. (1992). Kamus al-munawwir (p. 1591). Maktabah Darul Irsyad. Retrieved from https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Al-Munawwir_(kamus)&oldid=25431769

Mustafa, I. (2011). Al-mu’jam al wasith. Maktabah As-Syuruq Ad-Dauliyah.

Newmark, P. (1987). A textbook of translation. Foreign Language Education Press.

Nursalikah, A. (2019, 21 September). Ribuan pelajar di dunia minta pemimpin atasi perubahan iklim. Republika Online. Retrieved January 25, 2025, from https://internasional.republika.co.id/berita/py610l366/ribuan-pelajar-di-dunia-minta-pemimpin-atasi-perubahan-iklim

Perdana, D. (2017). Strategi Penerjemahan Bahasa Arab Yang Berterima Dan Mudah Dipahami. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(1), 143-160. https://doi.org/10.21274/ls.2017.9.1.143-160

Rahman, A. (2020). Internalisasi nilai‐nilai karakter dalam pembelajaran kitab al‐qirâ’ah al‐rasyîdah di pondok pesantren modern al‐islam kabupaten Tabalong, Tesis, Universitas Islam Negeri Antasari.

Reviyanto, D. (2020). Pelajar SMA di Jakarta mogok sekolah untuk hutan. Detiknews. Retrieved January 25, 2025, from https://news.detik.com/foto-news/d-4937990/pelajar-sma-di-jakarta-mogok-sekolah-untuk-hutan

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Sabandar, V. P., & Ramadhani, W. P. (2023). Pemanfaatan google sites sebagai media pembelajaran berbasis web. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1). https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.61-67

Sabry, A.F. (1954). Al-qiraah al-rasyidah. Darul Ma’arif.

Sari, N. (2019). Terinspirasi remaja asal Swedia, pelajar di Jakarta gelar aksi protes perubahan iklim. Kompas.com. Retrieved January 25, 2025, from https://foto.kompas.com/photo/read/2019/03/15/1552657719ea2/Terinspirasi-Remaja-Asal-Swedia-Pelajar-di-Jakarta-Gelar-Aksi-Protes-Perubahan-Iklim

Sulasmati, N. (2021). Pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites. Jurnal Wawasan Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2). https://www.researchgate.net/publication/358657409_Pembelajaran_Berbasis_Web_dengan_Google_Sites

Tempo. (n.d.). Generasi z abai isu lingkungan. Tempo. Retrieved August 20, 2024, from https://koran.tempo.co/read/lingkungan/485164/generasi-z-abai-isu-lingkungan

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis dan perancangan website sebagai sarana informasi pada lembaga bahasa kewirausahaan dan komputer akmi baturaja. Jurnal Ilmiah MATRIK, 19(1), 1-10, http://jurnal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/517

Yunus, M. (n.d.). Kamus Arab Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v21i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com