KEBIJAKAN PENDIDIKAN TENTANG SEKOLAH ISLAM ELIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP MUTU DAN AKSES PENDIDIKAN SERTA TOLERANSI BERAGAMA

Ahmad Faozan

Abstract


Abstract
This article discusses the policy of education on elite Islamic school in Indonesia and its impact to the quality and access of education and religious tolerance. The such policy education in this article is government policy on education affair. The elite Islamic schools are the excellent Islamic school founded by government such as Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia in some provinces in Indonesia, or the excellent private school founded by society, organization or pioneering-international standard school/ state madrasah dissolved by the decision of the Constitutional Court (MK). The main focus of this article is analyzed by sociological perspective and also by library research and formulated as follows: what is government policies on elite schools? And what is the impact of education policies on elite schools to the quality and access of education and religious tolerance? This article answers these two questions.

Abstrak
Artikel ini membahas kebijakan pendidikan tentang sekolah elit di Indonesia dan dampaknya pada mutu dan akses pendidikan serta toleransi beragama. Kebijakan pendidikan yang dimaksud dalam tulisan ini adalah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan. Sekolah Islam elit yang dimaksud adalah sekolah Islam unggulan yang dibiayai pemerintah seperti Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia di beberapa daerah di Indonesia maupun sekolah Islam unggulan yang didirikan masyarakat, yayasan atau organisasi Islam serta madrasah negeri rintisan sekolah/madrasah bertaraf internasional yang telah dihapus melalui putusan Mahkamah Konstitusi. Pokok masalah dalam artikel ini akan ditelaah dengan menggunakan perspektif sosiologis dengan melakukan studi literatur atau kepustakaan. Fokus kajian masalah ini dirumuskan dalam rumusan masalah berikut. Bagaimana kebijakan pendidikan tentang sekolah elit? bagaimana dampak kebijakan pendidikan tentang sekolah elit pada mutu dan akses pendidikan serta toleransi beragama? Berpijak dari dua rumusan masalah tersebut, kajian dalam artikel ini dilakukan.

Keywords


Policy of Education; Elite School; Quality of Education; Access of Education; Religious Tolerance

Full Text:

PDF

References


Arief, A. 2007. Reformasi Pendidikan Islam. Jakart: CRSD Press.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.

Azra, A. 2006. Paradigma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Buku Kompas.

Azra, A. 2007. Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, Seri Orasi Budaya. Yogyakarta: Penerbit Impulse.

Bastari. 2019. Indonesia Educational Statistics in Brief 2018/2019. Jakarta: Kemdikbud.

Baswedan, A. R. 2014. Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Darmaningtyas. 2011. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yogyakarta: LKiS.

Edison. 2013. Gugurnya Kebijakan Sekolah Bertaraf Internasional: Investasi Pendidikan Vs Komersialisasi Pendidikan. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik JKAP Vol 18, No 1 - Mei, 72-87.

Emispendis.kemenag.go.id. 2019. Data Statistik Pendidikan Islam Madrasah 2018/2019 Genap. Jakarta: emispendis.kemenag.go.id.

Fitri, A. M. 2010. Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN Malang Press.

Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences. Batam: Interaksara.

Hasan, M. T. 2016. Pendidikan Multikultural sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Malang: Lembga Penerbitan Unisma.

http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/. 2019, 11 1. http://ditjenpp.kemenkumham. go.id/arsip/bn/2017/bn1524-2017.pdf. Retrieved from http://ditjenpp. kemenkumham.go.id/arsip/bn/2017/bn1524-2017.pdf: http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/bn/2017/bn1524-2017.pdf

http://minmalang1.net/. 2019, 10 30. http://minmalang1.net/. Retrieved from http://minmalang1.net/: http://minmalang1.net/

http://www.mpuin-jkt.sch.id/. 2019, 10 30. http://www.mpuin-jkt.sch.id/. Retrieved from http://www.mpuin-jkt.sch.id/: http://www.mpuin-jkt.sch.id/

http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id/. 2019, 10 30. http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id/. Retrieved from http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id/: http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id/

https://ic.sch.id/. 2019, 10 31. https://ic.sch.id/. Retrieved from https://ic.sch.id/: https://ic.sch.id/

https://mkri.id/. 2019, 10 31. public. Retrieved from content: https://mkri.id/ public/content/persidangan/resume/resume_RINGKASAN%20PERKARA%20Nomor%205.pdf

ic.sch.id. 2019. MAN Insan Cendekia Serpong. Tangerang Selatan: ic.sch.id.

itjen.kemdikbud.go.id. (2018, September Sabtu). Mutu Guru Harus Terus Ditingkatkan.

Kemdikbud. 2012. Evaluasi Sekolah Bertaraf Internasional. Jakarta: Kemdikbud.

Kementerian Agama. (2019, 10 30). Dirjen Pendis. Retrieved from Direktorat KSKK Madrasah: https://madrasah.kemenag.go.id/snpdb2019/__statics/juknis2019.pdf

Laksono, F., & dkk. 2013. Implikasi dan Implementasi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 5/PUU-X/2012 Tentang Sekolah Bertaraf Internasional. Jakarta: Mahkamah Konstitusi.

Mahfud, C. 2016. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maimun, A., & Fitri, A. Z. 2010. Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN Malang Press.

Martono, N. 2016. Sekolah Bukan Penjara; Menggugat Dominasi Kekuasaan atas Pendidikan. Bekasi: Mitra Wacana Media.

Martono, N. 2017. Sekolah Publik VS Sekolah Privat dalam Wacana Kekuasaan, Demokrasi, dan Liberalisasi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Martono, N. 2018. Kekerasan Simbolik di Sekolah Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nata, A. 2005. Pendidikan Islam di Era Global: Pendidikan Multikultural, Pendidikan Multi Iman, Pendidikan Agama, Moral dan Etika. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Nisa, F. Y. 2019. Pelita yang Meredup: Keberagamaan Guru Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Convey Indonesia Vol. 2 | No. 1 | Tahun 2019.

Pearson, T. L. 2014. The_Learning_Curve_2014-Final_1.

Prastowo, A. 2012. Fenomena Pendidikan Elitis pada Sekolah/Madrasah Unggulan Berstandar Internasional. Jurnal Pendidikan Islam Volume 1 Nomor 1, 31-54.

Rosyada, D. 2013. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakart: Penerbit Kencana.

Rosyada, D. 2017. Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama: Gagasan Konsepsional, dalam Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Penerbit Kencana.

Rusdiana, A. 2015. Kebijakan Pendidikan: Dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.

Sallis, E. 2002. Total Quality Management in Education Third Edition. London: Stylus Publishing Inc.

Saputra, R. E. 2018. Sikap dan Perilaku Keberagamaan Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PPIM UIN Jakarta.

Siddiq, T. 2018. Komnas HAM Menilai Pelanggaran HAM di Dunia Pendidikan Meningkat . Jakarta: nasional.tempo.co.

Suryana, P. F. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pembelajaran . Bandung: Refika Aditama.

Taufik, O. A. 2012. Determinasi Madrasah Efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Vol 21 No 2, pp.

Tilaar, H. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tolib, A. 2009. Strategi Implementasi Kebijakan Manajemen Peninkatan Mutu Berbasis Sekolah dengan Pendekatan Manajemen Mutu Terpadu. Bandung: Penerbit Dewa Ruchi.

webcapp.ccsu.edu. 2016. World's Most Literate Nations Ranked.

Winch, C., & Gingell, J. 2004. Philosophy and Educational Policy. London and New York: Routledge Falmer Taylor and Francis Group.

www.oecd.org. 2015. http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

www.thawalib-parabek.sch.id. 2019, 10 30. www.thawalib-parabek.sch.id. Retrieved from www.thawalib-parabek.sch.id: www.thawalib-parabek.sch.id

Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar . 2019, 10 30. Pendidikan. Retrieved from Sekolah Islam Al-Azhar: http://www.al-azhar.or.id/index.php/pendidikan

Zainal, V. R., & dkk. 2014. The Economics of Education. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zainal, V. R., & dkk. 2016. Islamic Quality Education Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zainal, V. R., & Murni, S. 2009. Education Management. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v16i1.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com