Pendidikan dalam Perspektif Islam
Abstract
firstverseofAl-Qur’anfortheProphetMuhammadandtheprophetic
missionofMuhammadshowthisconcern.Theconditionofignorance
that dominated the Arab society in the past was tried to be changed
by Islam. The Islamic education is often called tarbiyah and ta’lim
al-tarbiyah which means education that includes aspects of science
and morality. Therefore, Islamic education is to cultivate humans’
minds and to regulate humans’ characters and attitudes based on the
Islamic teachings. Meanwhile al-ta’lim in Islamic education means
teaching, which only gives knowledge to the students. According to
Islamic teachings, humans have two potentials (evil and piety). The
teachings of Islam acknowledge the differences of people’s talents
but the differences do not mean that they cannot be formed at all. In
order to achieve the goals well, education needs to be adapted with
the development of thestudents.
Keywords: Islam, education, tarbiyah, and ta’lim.
Sejak kemunculannya, Islam adalah agama yang konsen dengan
pendidikan. Ayatyangpertamaturundanmisikenabian Muhammad
menunjukkan hal tersebut. Kondisi kebodohan yang mendominasi
masyarakat Arab pada waktu itu berusaha untuk dirubah oleh
Islam. Pendidikan Islam sering diistilahkan dengan tarbiyah dan
ta’lim al-tarbiyah yang berarti pendidikan yang mencakup aspek
ilmu dan akhlak. Oleh karena itu, pendidikan menurut Islam
ialah menumbuhkan pikiran manusia, serta mengatur akhlak dan
perangainya berdasarkan ajaran Islam. Sedangkan al-ta'lim dalam
dunia pendidikan berarti pengajaran, yang hanya memberikan
ilmu semata kepada anak didik. Menurut ajaran Islam, manusia itu
mempunyai dua potensi (jahat dan takwa atau positif). Ajaran Islam
mengakuiadanyaperbedaanbakatpembawaanpadadiriseseorang,
namun perbedaan tersebut bukan berarti tidak bisa dibentuksama
sekali.Agarmencapaisasarandanberhasildenganbaik,pendidikan
perlu disesuaikan dengan perkembangan anak didik.
Kata kunci: Islam, pendidikan, tarbiyah, ta’lim
Full Text:
PDFReferences
Dahlan,Aisyah,Prinsip-prinsip Pendidikan Agama Islam,Surabaya:
al-Ma’arif, 1968
Djoyonegoro, Wardiman, Arah dan Sasaran PJPT II Sepuluh Tahun
Pertama Bidang Pendidikan (Pendidikan Tinggi), Bogor: Panitia
Seminar Nasional Kebijakan dan Strategi Pengembangan
Perguruan Tinggi di Indonesia, 1993
Jamali, Muhammad Fadlila, Konsep Pendidikan al-Qur’an, Solo:
Ramadhani, t.t.
Mukhtar,AbdulLatif,TujuanPendidikanIslamdan TujuanPendidikan
Nasional, Cirebon : Panitia Seminar dan Lokakarya Nasional
Ilmu Pendidikan Islam, 1995
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT.Remaja
Rosdakarya, 1953
Toha, M. Chabib, Strategi Pendidikan Islam Menyongsong Abad
XXI, Cirebon : Panitia Seminar dalam Lokakarya Nasional
Pendidikan Islam,1995
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.158
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com