Pendidikan dalam Perspektif Islam

Asrori Asrori

Abstract


Sinceitsbirth,Islamisareligionthathasconcernedoneducation.The
firstverseofAl-Qur’anfortheProphetMuhammadandtheprophetic
missionofMuhammadshowthisconcern.Theconditionofignorance
that dominated the Arab society in the past was tried to be changed
by Islam. The Islamic education is often called tarbiyah and ta’lim
al-tarbiyah which means education that includes aspects of science
and morality. Therefore, Islamic education is to cultivate humans’
minds and to regulate humans’ characters and attitudes based on the
Islamic teachings. Meanwhile al-ta’lim in Islamic education means
teaching, which only gives knowledge to the students. According to
Islamic teachings, humans have two potentials (evil and piety). The
teachings of Islam acknowledge the differences of people’s talents
but the differences do not mean that they cannot be formed at all. In
order to achieve the goals well, education needs to be adapted with
the development of thestudents.
Keywords: Islam, education, tarbiyah, and ta’lim.

Sejak kemunculannya, Islam adalah agama yang konsen dengan
pendidikan. Ayatyangpertamaturundanmisikenabian Muhammad
menunjukkan hal tersebut. Kondisi kebodohan yang mendominasi
masyarakat Arab pada waktu itu berusaha untuk dirubah oleh
Islam. Pendidikan Islam sering diistilahkan dengan tarbiyah dan
ta’lim al-tarbiyah yang berarti pendidikan yang mencakup aspek
ilmu dan akhlak. Oleh karena itu, pendidikan menurut Islam
ialah menumbuhkan pikiran manusia, serta mengatur akhlak dan
perangainya berdasarkan ajaran Islam. Sedangkan al-ta'lim dalam
dunia pendidikan berarti pengajaran, yang hanya memberikan
ilmu semata kepada anak didik. Menurut ajaran Islam, manusia itu
mempunyai dua potensi (jahat dan takwa atau positif). Ajaran Islam
mengakuiadanyaperbedaanbakatpembawaanpadadiriseseorang,
namun perbedaan tersebut bukan berarti tidak bisa dibentuksama
sekali.Agarmencapaisasarandanberhasildenganbaik,pendidikan
perlu disesuaikan dengan perkembangan anak didik.
Kata kunci: Islam, pendidikan, tarbiyah, ta’lim

Full Text:

PDF

References


Dahlan,Aisyah,Prinsip-prinsip Pendidikan Agama Islam,Surabaya:

al-Ma’arif, 1968

Djoyonegoro, Wardiman, Arah dan Sasaran PJPT II Sepuluh Tahun

Pertama Bidang Pendidikan (Pendidikan Tinggi), Bogor: Panitia

Seminar Nasional Kebijakan dan Strategi Pengembangan

Perguruan Tinggi di Indonesia, 1993

Jamali, Muhammad Fadlila, Konsep Pendidikan al-Qur’an, Solo:

Ramadhani, t.t.

Mukhtar,AbdulLatif,TujuanPendidikanIslamdan TujuanPendidikan

Nasional, Cirebon : Panitia Seminar dan Lokakarya Nasional

Ilmu Pendidikan Islam, 1995

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT.Remaja

Rosdakarya, 1953

Toha, M. Chabib, Strategi Pendidikan Islam Menyongsong Abad

XXI, Cirebon : Panitia Seminar dalam Lokakarya Nasional

Pendidikan Islam,1995




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com