Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika
Abstract
werehigher than using conventional methods. 2) There is influence of interaction between learning method and student attitude on students’ mathematics learning outcomes. 3) There is difference on the result of mathematics learning by group work method which is better than mathematics learning outcomes with conventional methods, on the group of students with positif attitudes. There is not difference on mathematics learning outcomes by group work methods or conventional methods on the group of students with negative attitudes.
Keywords: Learning methods, Student attitudes, Learning outcomes
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa, mengetahui pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 20 orang sebagai sampel ujicoba instrumen dan 64 orang sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proporsional random sampling dari seluruh kelas VII di SMPNegeri 7 dan SMPNegeri 8 Depok Jawa Barat. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik pemberian tes hasil belajar dan dengan penyebaran angket. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA 2 Jalur dan Uji Tukey. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode kerja kelompok lebih tinggi dari pada dengan menggunakan metode konvensional.
2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. 3) Ada perbedaan hasil belajar matematika dengan metode kerja kelompok lebih baik dari pada hasil belajar matematika dengan metode konvensional pada kelompok siswa yang bersikap positif. Tidak ada perbedaan hasil belajar matematika dengan metode kerja kelompok maupun metode konvensional pada kelompok siswa yang bersikap negatif
Kata Kunci: Metode pembelajaran, Sikap siswa, Hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Agung, I Gusti Ngurah, Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis, dan Desertasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Gulo, Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta: Gramedia widiasarana Indonesia, 2002.
Kardi, Suparman., Mohamad Nur, Pengantar pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya: University Press, 2000.
Cunayah, Cucun, Ringkasan dan Bank Soal Matematika, Bandung: Yrama Widya. 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Hartono, SPSS 16, Analisis Data Statistikadan Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Kurniawan, Fokus Matematika Untuk SMP dan MTs, Jakarta: Erlangga, 2003.
Setyaningtyas, Yualind, Buku Sakti Matematika SMP, Yogyakarta: Kendi Mas Media, 2009.
Jalaludin, Jurnal Pendidikan, Kreativitas Guru Pacu Motivasi Belajar Siswa. Kamus Kimia Departemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, 2007.
Shaleh, Abdul Rahman, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada, T.T.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2008. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sukino dan Wilson Simangunsong. Matematika Untuk SMP Kelas
VII. Jakarta: Erlangga. 2004.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Statistika untuk Penelit
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i1.83
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com