Media Pembelajaran dan Upaya Membangun Kesadaran Belajar Siswa

Abusiri Abusiri

Abstract


Teaching and learning process is essentially a communication process and message delivery from the presenter to the recipient. This message is delivered in verbal and non verbal communication. Instructional media play a role to support the delivery of learning message to be more standardized, interesting, effective, and efficcient. This can be done by utilizing the development of information communication technology that provides widespread opportunities in education in order to improve the educational quality. Using technology as an instructional media can make the learning process more fun and ease the comprehension, so that, the student learning awareness will grow on their own.
Keywords: Instructional media, Information technology, Learning awareness



Proses belajar mengajar pada hakikatnya merupakan proses komunikasi dan penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan ini dituangkan dalam komunikasi verbal dan non verbal. Media pembelajaran berperan agar penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar, menarik, efektif, dan efisien. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi komunikasi yang memberikan kesempatan luas pada dunia pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran membuat proses belajar dapat lebih menyenangkan danpemahamanmenjadilebihmudah, sehinggadengandemikian kesadaran belajar siswa akan tumbuh dengan sendirinya.
Kata Kunci: Media pembelajaran,Teknologi informasi, Kesadaran belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, Ronald H. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembalajaran, terj. Yusufhadi Miarso, dkk, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Effendi, Empy dan Zhuang, Hartono, E-learning Konsepdan Aplikasi, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

Eti, Rochaety, Rahayuningsih, Pontjorini dan Yanti, Prima Gusti,

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi

Aksara, 2006.

Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, Bandung: PT Citra Aditya, 1994.

Kusrini,.Siti dkk Ketrampilan Dasar Mengajar (PPL I) Berorientasi Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi, Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri, 2005.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Siregar, Eveline. ed, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.

Rohani HM, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Sadiman, Arief S. dkk, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.

Yunus, Mahmud, Al-Tarbiyah wa al-Ta’liem, Padang Panjang: Matbah, 1942.

http://www.equator-news.com/. http://www.blog.tp-unj.org/index.php. http://www.indopos.co.id/index.php. mailto:butar_lbt@yahoo.co.id.

http://tentangku.blogsome.com/category/iptek/e-learning/.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com