PEMBELAJARAN NAGHAM AL-QUR’AN DENGAN METODE SIMĀ’I DI IIQ JAKARTA
Abstract
Abstract
This article is intended to describe the process of learning the Koran nagham at IIQ Jakarta. In the other hand, this study wants to look further at the implementation of the Simā'i method in learning Nagham Al-Qur'an at IIQ Jakarta, forms of innovation and development as well as things that are opportunities and challenges in learning Nagham Al-Qur'an. This research uses a descriptive-analytic approach. Data collection was carried out through participant observation, documentation and in-depth interviews with informants. The results of this research show that; First, the implementation of the sima'i method in learning nagham at IIQ Jakarta is divided into two categories, namely: (1) learning nagham Al-Qur'an which is mandatory. taught in class as the IIQ Compulsory Curriculum. (2) optional learning of Al-Qur'an nagham, namely the science of nagham which is taught as one of the extracurricular programs held by the Al-Qur'an Khat and Tilawah Institute (LKTQ). Second, the development of Nagham al-Qur'an learning at IIQ Jakarta is carried out by carrying out two activities: Intracurricular and (2) Extracurricular. Third, learning Nagham Al-Qur'an at IIQ Jakarta has both opportunities and challenges.
Abstrak
Artikel ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana prosesi pembelajaran nagham Al-Qur`an di IIQ Jakarta. Di sisi lain, kajian ini ingin melihat lebih jauh tentang implementasi metode Simā’i dalam pembelajaran Nagham Al-Qur`an di IIQ Jakarta, bentuk inovasi dan pengembangannya serta hal-hal yang menjadi peluang dan tantangan dalam pembelajaran nagham al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan para narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Implementasi metode sima’i dalam pembelajaran nagham di IIQ Jakarta terbagi menjadi dua, kategori yaitu: (1) pembelajaran nagham Al-Qur`an yang bersifat wajib. diajarkan di kelas sebagai Kurikulum Wajib IIQ. (2) pembelajaran nagham Al-Qur`an yang bersifat pilihan (optional) yakni ilmu nagham yang diajarkan sebagai salah satu program ekstrakurikuler yang diadakan oleh Lembaga Khat dan Tilawah Al-Qur`an (LKTQ). Kedua, Pengembangan pembelajaran Nagham al-Qur’an di IIQ Jakarta dilakukan dengan melaksanakan dua kegiatan: Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler Ketiga, Pembelajaran nagham al-Qur’an di IIQ Jakarta memiliki peluang sekaligus tantangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ad-Darimi, Abdullah Ibn Abdurrahman Ibn al-Fadhil Ibn Bahram,“Sunan ad-Darimi”, Damaskus: Darul Mustofa, 2007.
Ardiansyah, Feri, Implementasi Metode Sima’i dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTA) Terhadap Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, 2014.
Arieska, Riyan, “Pembelajaran Seni Baca Al-Qur`an di UKM HIQMA UIN Raden Intan Lampung”, Tesis Prodi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, (2019).
Efendi, Muhammad Abdurrahman dkk, “Manajemen Pembelajaran Seni Baca Al-Qur`an di Pondok Pesantren Al-Qur`an Al-Itqon Bogor”, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 08, No. 1 Januari 2020.
Hajarman, Implementasi Metode Sima’i dan Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur`an di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bandar Lampung, Tesis Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.
Haq, Najmi Nurul, Pengaruh Metode Sima’i Terhadap Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Al-Qur`an pada Siswa Tunanetra di SLB Negeri A Kota Bandung, Skripsi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.
Indra, Moersjied Qorie, “Seputar Nagham (Seni Baca Al-Qur`an), Jakarta: Qaf, 2019.
Koentjaraningrat, “Metode-Metode Penelitian Masyarakat”, Jakarta: PT.Gramedia, 1990.
Mafluchah, Siti, “Efektifitas Metode Talaqqi & Musyafahah dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur`an” Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta, (2016).
Manshur, Fadlil Munawwar, “Perkembangan Sastra Arab dan Teori Sastra Islam”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Ramadhani, Kiki Rizky, Efektivitas Pembelajaran Tilawah Dalam Meningkatkan Kemampuan Seni Baca Al-Qur`an Di UKM HIQMA UIN Raden Intan Lampung, Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, (2019).
Rohman, Miftahur, Penerapan Metode Sima’i dalam Menghafal Al-Qur`an pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur`an Ta’mirul Islam Lawean Surakarta, 2016.
Rohmati, Maria Ulfa, Strategi Pembelajaran Seni Baca Al-Qur`an, Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, (2019).
Sholihah, Khadijatus, “Peranan Tausyih Ibtihalat Dalam Pengembangan Seni Baca Al-Qur`an di Indonesia”, Tesis Konsentrasi Ulum Al-Qur`an dan Hadis Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta, (Jakarta: IIQ Jakarta, 2015.
Suryana, “Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif’, Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.
Suryani, “Pembinaan Seni Baca Al-Qur`an di Pondok Pesantren Azzakariyah Kec.Renah Pembarap Kab.Merangin (Studi Living Qur`an)”, Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.
Syarifah, Noura Khansa, “Seni Baca Al-Qur`an di Jam’iyyatul Qurra’ Al-Lathifiyah Kradenan Pekalongan (Analisis Resepsi Estetis Al-Qur`an)”, Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, (2018).
Ulfa, Maria dkk, “Modul Pembelajaran Nagham Al-Qur`an” ,(Jakarta: Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta Press. 2009.
Ulya, Nurul Karimatil, “Epistemologi Nagham Al-Qur`an (Studi Komparasi Penggunaan Langgam Arab dan Langgam Nusantara dalam Resitasi Al-Qur`an)”, Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019.
Wahyu. Perubahan Sosial dan Pembangunan. Jakarta: Hecca MU, 2005, p. 3. Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2003.
Wahyu. Perubahan Sosial dan Pembangunan. Jakarta: Hecca Publishing, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v20i1.261
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com