Relasi Timur dan Barat dalam Permasalahan Konflik Suriah

Darmiko Suhendra

Abstract


Based on historical fact, between Islam and the West theologically
has strong bond which is on the meeting points and similarities
between Islam and the West that inherit Jewish and Christian
traditions. These three religions inherited the tradition of Prophet
Ibrahim. However, theological similarities between Christianity
and Islam precisely become t he cause of collision between two
of them. Historical problem between Islam and the West can
be seen from the root of the conflict that includes: theological
and political. Conflict between Islam and the West is covered
by political motives. On the contrary, theology is only become
justification to distinguish culturally and theologically between
Islam and the West, basically this difference is more encouraged
by political interest. Conflicts happen in Syiria is not because of
religious factor, but it is more dominated by political and economic
interest. The facts prove that most of Arab countries are the eternal
alliance of the Western block, which was directed by The United
States as the Solely Super Power in the world. Therefore, in the
effort to build agreement and global coalition, actively promote
cooperation. So that, the most important thing right now is the
encounter between Islam and the West, that must be interpreted
as building a dialogue of Civilization, not confrontation or
mutual suspicion, building ideal relationship and also the need of
harmonization between Islam and the West.
Keywords: West, Islam, Conflict

Berdasarkan fakta sejarah, antara Islam dan Barat secara
teologis mempunyai ikatan yang kuat yakni ada titik temu dan
persamaan antara Islam dan Barat yang mewarisi tradisi Yahudi
dan Kristen. Ketiga agama ini mewarisi tradisi Nabi Ibrahim.
Namun, persamaan teologis yang ada antar Kristen dan Islam
justru menjadi penyebab benturan di antara keduanya. Problem
historis antara Islam dan Barat dapat dilihat dari akar konflik
yang meliputi, teologis dan politis. Konflik antara Islam dan
Barat tertutupi dengan motif politik. Sebaliknya, teologis hanya
dijadikan justifikasi untuk membedakan secara kultural dan
teologis antara Islam dan Barat, pada dasarnya perbedaan ini
lebih didorong oleh kepentingan politik. Adalah konflik yang
terjadi di Suriah bukanlah karena faktor agama namun lebih
didominasi oleh faktor politik dan ekonomi. Fakta membuktikan,
bahwa sebagian besar negara Arab adalah aliansi abadi blok
Barat, yang dinakhodai langsung oleh Amerika Serikat sebagai
kekuatan Super Power tunggal dunia. Oleh karena itu dalam
upaya untuk membangun kesepakatan dan koalisi global, untuk
secara aktif mempromosikan kerja sama. Oleh karena itu, yang
terpenting saat ini perjumpaan Islam dan Barat harus dimaknai
sebagai membangun dialog peradaban, bukan konfrontasi atau
saling curiga, membangun hubungan yang ideal serta perlunya
harmonisasi antara peradaban Islam dan Barat.
Kata Kunci: Barat, Islam, Konflik

Full Text:

PDF

References


ABM, M. Agastya. Arab Spring: Badai Revolusi Timur Tengah.

Jogjakarta: IRCiSoD, 2013.

Ahmed, Akbar S. Membedah Islam. Diterjemahkan oleh Zulfahmi

Andri. Bandung: Penerbit Pustaka, 1997.

Amiruddin, M. Hasbi. Konsep Negara Islam menurut Fazlur Rahman.

Yogyakarta: UII Press, 2000.

Amman (2012). Dua Ribu Tentara Syiria Membelot ke Jordania.

m.jpnn.com/news.php?id=140870.

Arkoun, Mohammade, dkk. Serial Dialog Pencerahan Afkar;

Orientalisme vis avis Oksidetalisme. Jakarta: Pustaka

Firdaus, 2008.

Donohue, John J dan John L Esposito. Islam in Transition: Muslim

Perspective. New York: Oxford University, 1982.

http://m.voa-Islam-.com/news/Islamic-world/2011/10/24/16480.

http://www.biography.com/people/bashar-as-assad-20878575.

https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-suriah-syria/

https://republika.co.id/berita/kolom/resonansi/18/08/09/

pd64jd440-agama-sebagai-realitas-historis-1.

https://www.dw.com/id/militer-israel-dan-iran-saling-serang-diwilayah-

suriah/a-43728413.

https://www.kompasiana.com /coffeeaceh /550de202813311

b92cbc6013/miris-mengapa-arab-ramai-ramaimemusuhi-

suriah.

https://www.matamatapolitik.com/seluk-beluk-awal-mulaperang-

sipil-suriah/.

https://www.merdeka.com/dunia/kilas-balik-akar-penyebabkonflik-

suriah-setelah-lima-tahun.html.

https://www.republika.co.id/berita/ pendidikan/dunia-ABM, M. Agastya. Arab Spring: Badai Revolusi Timur Tengah.

Jogjakarta: IRCiSoD, 2013.

Ahmed, Akbar S. Membedah Islam. Diterjemahkan oleh Zulfahmi

Andri. Bandung: Penerbit Pustaka, 1997.

Amiruddin, M. Hasbi. Konsep Negara Islam menurut Fazlur Rahman.

Yogyakarta: UII Press, 2000.

Amman (2012). Dua Ribu Tentara Syiria Membelot ke Jordania.

m.jpnn.com/news.php?id=140870.

Arkoun, Mohammade, dkk. Serial Dialog Pencerahan Afkar;

Orientalisme vis avis Oksidetalisme. Jakarta: Pustaka

Firdaus, 2008.

Donohue, John J dan John L Esposito. Islam in Transition: Muslim

Perspective. New York: Oxford University, 1982.

http://m.voa-Islam-.com/news/Islamic-world/2011/10/24/16480.

http://www.biography.com/people/bashar-as-assad-20878575.

https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-suriah-syria/

https://republika.co.id/berita/kolom/resonansi/18/08/09/

pd64jd440-agama-sebagai-realitas-historis-1.

https://www.dw.com/id/militer-israel-dan-iran-saling-serang-diwilayah-

suriah/a-43728413.

https://www.kompasiana.com /coffeeaceh /550de202813311

b92cbc6013/miris-mengapa-arab-ramai-ramaimemusuhi-

suriah.

https://www.matamatapolitik.com/seluk-beluk-awal-mulaperang-

sipil-suriah/.

https://www.merdeka.com/dunia/kilas-balik-akar-penyebabkonflik-

suriah-setelah-lima-tahun.html.

https://www.republika.co.id/berita/ pendidikan/dunia

Sulistyawati, Rr Laeny (2016). Lima Dampak Memilukan Enam

Tahun Perang Suriah. http://m.republika.co.id/berita/

internasional/timur-tengah/16/03/16/o43r7j377-limadampak-

memilukanenam-tahun-perang-suriah-part1.

Turner, Bryan S.. Runtuhnya Universalitas Sosiologi Barat Wacana

atas; Islam vis a vis Barat, Orientalisme, Postmodernisme dan

Globalisme. terj. Sirojuddin Arif, dkk. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v15i1.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com